Profil MTs Nurul Hikmah




Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Hikmah adalah sebuah lembaga pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) sejajar dengan SMP (Sekolah Menengah Pertama)  yang didirikan pada 15 Juli 2008 di Kampung Lampegan RT.05/01 Desa Wargasaluyu Kecamatan Gununghalu kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.  MTS Nurul Hikmah mengikuti kurikulum pemerintah c.q. Kementerian Agama dan ijazahnya diakui sehingga lulusannya dapat melanjutkan ke sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) baik Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau Madrasah Aliyah (MA). Sekolah negeri maupun swasta.  Secara kelembagaan, MTS Nurul Hikmah berada di bawah yayasan Pondok Pesantren Nurul Hikmah Al-Iman (YANHA) yang juga membawahi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Hikmah. MTS Nurul Hikmah menerima siswa dan siswi lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI)  negeri dan swasta dengan kewajiban memenuhi sejumlah ketentuan yang berlaku.


SEJARAH BERDIRINYA MTS NURUL HIKMAH

Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nurul Hikmah berdiri pada tanggal 15 Juli 2008. Yang saat launching pertama dihadiri oleh jajaran pejabat Kemenag kecamatan Pagelaran; para Kepala Sekolah SLTP & SLTA se-kecematan Pagelaran, Kepala Desa (Kades), para tokoh masyarakat dan Dewan Pimpinan Pusat Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hikmah Al-Iman (YANHA)


PROFIL SINGKAT MTS NURUL HIKMAH

MTS Al-Khoirot Malang sejak berdirinya pada tahun 2009 telah mengalami tiga kali pergantian kepala sekolak (Kasek). Kasek pertama adalah Sayyid Muhammad Al-Baiti yang menjabat sejak 2009 sampai 2011. Kasek kedua adalah Bapak Eko yang menjabat sejak 2012 sampai 2016. Kasek ketiga Sayid Ubaidillah Al-Baiti yang menjabat dari tahun 2016 sampai sekarang.

Adapun Profil dan struktur lengkap kepengurusan MTS Nurul Hikmahadalah sebagai berikut:

Struktur Organisasi MTS Nurul Hikmah

Nama sekolah: Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah
Tingkatan pendidikan: SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama)
Ciri khas:

Pemisahan (segregasi) siswa putra dan putri (lain gedung dan lain guru). Sekolah formal yang berafiliasi ke lembaga pesantren umumnya memisahkan putra dan putri. Namun, umumnya tenaga pengajar masih campuran guru laki-laki dan guru perempuan. Hanya di MTs Nurul Hikmah tenaga pengajar disesuaikan dengan gender siswa: yakni guru pria khusus mengajar di MTs putra, sedang guru wanita khusus mengajar di MTs putri. Ini bertujuan untuk menjamin “keamanan” siswa itu sendiri dan efektivitas proses belajar mengajar. Selain itu, siswa putra dan putri memiliki gedung sendiri. Sehingga waktu belajar dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan (tidak bergantian) yaitu pada jam 07.00 pagi sampai selesai.
Semua siswa dan siswi harus ikut program madrasah diniyah yang juga diadakan secara terpisah meliputi gedung dan gurunya.
Harus ikut pengajian Quran tartil. Mengaji atau membaca Al-Quran adalah salah satu program utama Nurul Hikmah. Setiap siswa dan siswa MTs dididik secara khusus baik di dalam kelas maupun di luar jam sekolah untuk dapat membaca Al-Quran secara benar dan tartil.
Ikut program bahasa modern (opsional)
ikut program tahfidz al-Quran (opsional)
Harus tinggal di asrama pesantren. Lebih detail: Mengapa MTS dan MA Al-Khoirot Pilihan terbaik
No. NSM: 1212-3507-0162
Status: Terakreditasi B (diakui negara, mengikuti ujian negara, dan lulusannya dapat melanjutkan ke SLTA manapun swasta atau negeri (SMA, SMK, MA).
Tahun berdiri: 15 Juli 2009
Alamat: Jl. KH. Syuhud Zayadi No. 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174.
Telpon: 0341-879730
Email: mtsalkhoirot@gmail.com, dan mts@alkhoirot.com
Website: http://mts.alkhoirot.com

Madrasah Tsanawiyah Al-Khoirot


STRUKTUR ORGANISASI MTS NURUL HIKMAH

Kepala sekolah:
Koordinator MTS Putri:
Waka kurikulum:
Waka kesiswaan:
Waka Sarana Prasarana:
Pembina OSIS dan Ekstra Kurikuler:
Kepala Urusan Tata Usaha:
Staf TU (Putri):
Anggota statf TU (putri):
Bendahara:
Bimbingan Konseling (BPBK) Putri:
Staf bendahara (putri):


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Pramuka di Dunia dan Indonesia